Fisik Dari Sebuah CD

Sebuah CD terbuat dari 1,2 milimeter (0,047 in) tebal, polikarbonat plastik dan beratnya 15-20 gram. Dari pusat ke luar, komponen adalah: poros tengah lubang (15 mm), area pertama-transisi (cincin penjepit ), area klem (susunan cincin), daerah transisi kedua (band cermin), daerah program (data), dan RIM. Daerah program dalam menempati radius 25-58 mm.Sebuah lapisan yang  tipis aluminium atau, lebih jarang, emas diterapkan ke permukaan sehingga reflektif.. Logam adalah dilindungi oleh film pernis yang biasanya berputar dilapisi secara langsung pada lapisan reflektif.  Label dicetak pada lapisan pernis, biasanya dengan sablon atau cetak offset .
                                
Data pada CD  disimpan sebagai serangkaian lekukan kecil yang dikenal sebagai "pits", dikodekan dalam track spiral  dibentuk lapisan polikarbonat. Daerah antara pit yang dikenal sebagai "lands". Setiap pit adalah  memiliki panjang sekitar 100 nm engan 500 nm lebar, dan bervariasi dari 850 nm sampai 3,5 µm panjangnya.  Jarak antara trek dengan  pitch adalah 1,6 µm. Pemindaian kecepatan adalah 1,2-1,4 m / s ( kecepatan linear konstan ) - setara dengan sekitar 500 rpm di dalam disk, dan sekitar 200 rpm di tepi luar. (Sebuah disk dimainkan dari awal sampai akhir melambat selama pemutaran.).
                               
Daerah program adalah 86,05 cm ² dan panjang spiral yang direkam adalah (86,05 cm 2 / 1,6 µm) = 5.38 km. Dengan kecepatan scanning 1,2 m / s, waktu perputaran adalah 74 menit, atau 650 MB data pada CD-ROM. Kecepatan linear dari 1,2 m / s dan pitch 1,5 µm melacak menghasilkan waktu play dari 80 menit, atau kapasitas data 700 MB. Kapasitas yang lebih tinggi pada non-standar  (hingga 99 menit), tetapi umumnya lebih  trek yang diringkas, semakin buruk kompatibilitasnya.