Motor-Motor Pada VCD Player

 Seperti halnya perangkat audio pada umumnya untuk mengerakan sumber informasi atau sumber sinyal digunakan motor. Fungsi motor pada perangkat unmumnya untuk menggerakan sumber informasi berupa pita kaset atau dalam bentuk disk. Pada perangkat VCD Player  diperlukan tiga buah motor yang mempunyai fungsi berlainan, motor-motor tersebut adalah :

  1.  Motor loading
  2. Spindle Motor
  3. Traverse Motor
 Kalau diamati dari bentuk fisiknya, cuku psulit membedakan mana motor, loadaing, motor spindle,dan motor traverse, tetapi seikit lebih mudah kita mengamati dari letak posisinya. Seperti yang telah diuraikan di atas bahwa ketiga motor tersebut mempunyai fungsi yang berbeda-beda, yaitu :

Motor traverse

       Motor traverse berfungsi untuk mengerakan majau dan mundurnya optik sesuai dengan batas program yang trdapat pada disk.  Motor ini terletak bawah belakang dan berada dalam satu PCB motor lain.  Motor ini dapat dibedakan yaitu motor yang yang berhubungan dengan roda gigi dan menempel pada sumbu yang memanjang. Motor ini sistemnya dikontrol oleh IC AD6392.
Motor Spindle 

Motor Spindle berfungsi sebagai   pemutar disk setelah proses loading selesai. Putaran disk ini gerakanya searah jarum jamdengan kecepatan stabil. Motor Spindle digerakan oleh sistem kontrol pada rangkian dalam pada IC AD6392. IC ini merupakan servo kontrol motor yang berfungsi untuk sebagai keperluan sistem elektronik.   Motor loading  
 
Motor loading berfungsi untuk mengatur gerakan tempat disk, gerakanya hanya dua arah yaitu maju dan mundur.