Pengenalan Disk dan Optik

A.  Disk
VCD (Compact Disk) merupakan lempengan (piring / cakaram) yang tersebut dari plastik campuran bentuk lingkaran yang mempunyai diameter 12 cm, informasinya disimpan pada bagian tersebut dinamakan pin. Informasi tersebut disebut disusun sedemikian rupa sehingga dibaca dari dalam menuju keluar, seperti yang diperhatikan pada gambar di bawah ini.
Alur dan Belahan Compact Dis
Pada lempengan VCD informasi suara, gambar dan sinyal-sinyal lainnya berbentuk alur dan belahan alurnya dengan ditentukan sudut sebesar 1400. Sedangkan amplitudonya pada alur damalam ­+ 0,1 µm dengan jumlah alurnya sekitar 60 sampai 70 alurnya setiap mm2 yang berputar selama 800  putaran permenit.Alur ini menggunakan bahan diamond dengan panjang 4 µm dan lebar 2 µm dan sisi sebelah kanan sebuah elektroda metal berukuran 0,2 µm dengan menggunakan plat sistem kapasitif.
Diameteter Compact Disk



 
A.      Optik
Optik VCD Player yang terdiri beberapa bagian, yaitu : 
  •   Pembentukan sinar laser
  •   Macam-macam lensa
  •  Cermin
  •   Foto derektor
Bagian dari optik ini dapat dilihat di bawah ini.
Bagian Optik


C.      Prinsip Kerja Bagian OPTIK 
Seluran pancaran laser adalah helium neon laser yang berdaya 1mw yang ditransfromasikan menjadi seberkas cahaya ketajaman lebih besar, berkas cahaya ini cahaya monocromatik dengan panjang gelombang 638,6 µm. Berkas cahaya ini dihubungkan linear sebuah pembagi cahaya yang hasilnya menjadi tiga pancaran dengan perbandingan 1:3:1 sedangkan pusat pacaran pembaca informasi.
Bagian Optik 2
Sebuah lensa dihubungkan pada pembaca cahaya ini berfungsi untuk pemfokusan pancaran dengan tujuan untuk membaca membaca cahaya pada track pada sisi bagian terbuka yang terdapat pada masukan lensa objektif melalui dua buah bilah.  Selanjutnya pancaran cahaya ini dibelokkan melalui melalui waliaston prisma.  
Bagian Optik 3
 Elemen optik terdiri gelas kwarsa yang berkerja berdasarkan arah polaris cahaya bersama-sama dengan λ/4 bagian plat itu kemudian diputar sebesar 900  sebuah cermin putar radial dengan sebuah lilitan putaran vertikal. Kemungkinan lain radial ini akan bergerak dari titik cahaya pembacaan pada permukaan lempengan atas yang cahayanya maih melalui sebuah lilitan putar. Cermin disini berkerja secara gerakan tangensial dengan tujuan untuk menyamakan pantulan cahaya yang di akibatkan dari kesalahan warna pembacaan.  Lensa objektif berfungsi sebagai pemfokusan dari  pancaran pada waktu pada pembacaan memerlukan pancaran dari luar. 
Bagian Optik 4
Dengan demikian informasi yang terdapat pada berkas/track juga akan terbaca dengan baik, karena itu dilakukan pengendalian melalui sebuah lingkaran lilitan elektronis. Sinyal yang dihasilkan dari prisma merupakan pancaran hasil pembacaan. Kemudian cahaya hasil pembacaan di fokuskan oleh lensa silinder kemudian di sambunkan pada pada pengubah foto   elektris untuk di ubah untuk menjadi bentuk sinyal listrik akan dimodulasikan.