Bagian Dari Sebuah CD PLayer

Sebuah clever menggunakan lensa silinder menghasilkan sinyal koreksi untuk posisi lensa fokus utama untuk detektor di sebuah pemutar compact disc . Kombinasi lensa simetris dan lensa silinder menghasilkan balok melingkar hanya pada satu jarak lensa silinder.  Sebuah dioda tersegmentasi pengaturan dapat mendeteksi apakah balok melingkar dan menghasilkan tegangan kesalahan untuk memposisikan lensa utama . Tegangan kesalahan drive sebuah kumparan yang dapat dengan cepat reposisi lensa dalam menanggapi perubahan di kejauhan ke CD seperti berputar.
Data suara analog didigitalkan oleh sampel pada 44,1 kHz dan pengkodean sebagai angka biner di pit pada compact disc.Sebagai sinar laser terfokus menyapu lubang, hal itu mereproduksi angka biner di sirkuit deteksi.   Fungsi yang sama sebagai "hole" dapat dicapai dengan merekam magnetooptical. Sinyal digital kemudian dikonversi ke bentuk analog oleh D / A converter.Trek pada compact disc yang nominal spasi 1,6 mikrometer oleh, cukup dekat sehingga mereka mampu untuk memisahkan cahaya yang dipantulkan ke warna komponen itu seperti sebuah kisi difraksi .
Deteksi dari data biner yang disimpan dalam bentuk lubang-lubang pada compact disc dilakukan dengan menggunakan laser semikonduktor. Laser ini difokuskan untuk diameter sekitar 0,8 mm pada bagian bawah dari disk, tetapi lebih difokuskan untuk sekitar 1,7 mikrometer saat melewati substrat plastik bening untuk menyerang lapisan reflektif.Philips CQL10 laser memiliki panjang gelombang 790 nm di udara. Kedalaman lubang sekitar seperempat dari panjang gelombang dari laser ini dalam bahan substrat.
Sebuah prisma polarisasi terdiri dari dua prisma dari birefringent  bahan bergabung sepanjang diagonal. Sudut potong adalah sedemikian rupa sehingga bidang polarisasi paralel ke permukaan mengalami refleksi internal total sedangkan tegak lurus ke permukaan melewati. Karena tindakan dari pelat seperempat gelombang , sinar kembali dari disk akan terpolarisasi sejajar dengan permukaan dan akan tercermin 90 °, menuju detektor fotodioda.

Sinar laser dari lapisan reflektif dari disk kembali melalui pelat seperempat gelombang. Hal ini menyebabkan pencerminkan di -beam splitter sehingga mencapai dioda untuk dideteksi. Namun, jika balok pemogokan salah satu hole, yang sekitar seperempat panjang gelombang secara mendalam, cahaya keluar dari fase dengan cahaya yang mencerminkan dari pesawat tidak berubah di sekitarnya dan cenderung untuk membatalkannya. Ini menghasilkan cukup banyak perubahan dalam tingkat ringan akan terdeteksi  oleh sensor photodiode, dan harus dikodekan sebagai 0 dan 1 data biner.
Agar decode, sinar laser harus difokuskan dalam waktu sekitar 0,5 mikrometer dari permukaan reflektif, tetapi lokasi bagian bawah disk mungkin pasti sekitar 0,5 mm selama rotasi. Untuk menjaga balok terfokus, sebuah kumparan posisi drive lensa memfokuskan atas atau bawah dalam menanggapi tegangan kesalahan dari detektor.  Salah satu skema menggunakan pengaturan lensa silindris untuk memfokuskan cahaya pada detektor. Ketika sinar dengan benar terfokus, proyek sebuah balok bulat dan nol hasil kesalahan tegangan.