Mini CD

Format

Di antara berbagai format adalah :

  • Mini CD single , disk kecil. Format ini terutama digunakan untuk single CD audio di daerah tertentu (single yang dijual pada normal 120 mm CD di banyak negara), banyak seperti old vinyl single. Sebuah disc 80 mm dapat menyimpan hingga 24 menit musik, atau 210 MB (210 × 2 20 byte) data. Sering disebut sebagai CD Maxi di beberapa negara.

  •  Versi kepadatan rendah memegang 18 menit, atau 155 MB.
  •  Format lain yang 185 MB (21 menit), yang memiliki kerapatan data yang sama dengan CD berukuran penuh 650 MB, dan 210 MB (24 menit), dengan kepadatan data yang sama sebagai CD 700 MB berukuran penuh, digunakan untuk "Pocket "penyimpanan data.
  •  Sebuah versi yang disempurnakan kepadatan disc 80 mm yang holdsnya 34 menit, atau 300 MB telah dibuat tetapi tidak tersedia.
  • Business card CD (atau "B-Card"), (untuk bentuk dan ukuran yang dipotong seukuran kartu nama ) 80 mm disk dengan kapasitas penyimpanan dari 30 MB hingga 100 MB.   
           >> Dengan panjang 80 mm sedangkan short axis (dari sisi datar ke sisi datar)      
                 umumnya antara 58 dan 68 mm
  • Disc 60 mm, versi putaran kartu bisnis, dengan kapasitas sebanding (50 MB)

 Ketika CD Mini pertama kali diperkenalkan di Amerika Serikat , Awalnya dipasarkan sebagai CD3, mengacu pada ukuran perkiraan mereka dalam inci; CD yang lebih besar disebut CD5, meskipun fakta bahwa kedua spesifikasi CD didefinisikan semata-mata dalam hal metrik unit.

Business card CDs

Kompatibilitas

Kebanyakan perangkat loading tray CD memiliki 2 'wells', dengan ukuran untuk CD 120 mm biasa, dan yang lebih kecil, lebih baik untuk MiniCDs untuk masuk ke dalam. Perangkat yang fitur spindle juga mendukung MiniCDs, sebagai disc hanya dapat ditempatkan ke spindle sebagai dengan CD biasa.Kebanyakan slot-loading CD drive umumnya tidak kompatibel (pengecualian PlayStation 3), namun adapter yang tersedia ke dalam yang satu dapat snap putaran 80 mm miniCD untuk memperpanjang lebar untuk mencocokkan bahwa CD 120 mm, dan dengan demikian bekerja  banyak di  perangkat slot-loading . Tidak ada adapter untuk CD berukuran kartu bisnis. 

Sebuah model adaptor yang populer, Memorex 30183001, dihentikan pada tahun 2006.Kebanyakan CD player pada akhir 1980-an dan awal 1990-an tidak menangani CD3 dengan baik dan diperlukan penggunaan adaptor, atau penempatan sangat hati-hati dari CD tepat di tengah baki. Tidak sampai setelah label rekaman besar dihentikan, melakukan Play CD mulai memiliki CD3 wells sebagai standar.Sejak pertengahan 1990-an, tray loading players semua memiliki wells untuk CD3 tersebut.